Design andI illustration Fundamental
Aplikosi: Macromedia Freehand
Bab: VII (Tujuh)
Topik: Menyusun Animasi
Membuat Rangkaian Pertama
1. Sebellumnya, aktifkan Racefinal.swf yang ada di folder BabO7 untuk melihat hasil akhir animasi yang tellah dibuat. Tutup file, lalu aktifkan Freehand. Buka Racestart.M di folder Lesson Files Bab07 untuk memulai latihan. Satuan ukuran yang dipakai adalah Points.
2. Pilih persegi panjang di halaman 1 lalu clone persegi panjang tersebut. Pilih hasil clone. Di panel Object Propert ies, isi H = 10.
3. Pilih kedua persegi panjang. Pitih Window/Allign. Pitih Align Top di menu pertama dan No Change di menu kedua. Klik Apply. Tekan Tab.
4. Pilih persegi panjang yang kecil, latu clone. Dengan hasil clone terpilih, isi W = 40 di Object Properties.
5. Khk persegi panjang yang terkecil, pilih Modify/Arrange/Bring To Front. Ulangi untuk persegi panjang yang tengah dan yang terbesar.
6. Pilih ketiga persegi panjang, lalu blend. Di Object Properties, isi Steps = 11.
7. Warnai persegi panjang dengan warna hitam dari Color List dan None untuk stroke.
8. Pihh teks di bagian atas. Pitih Xtras/Animate/Release To Layers. Datam kotak dialog, pilih Trail dari menu Animate. Isi Trail By = 4. Khk OK.
9. Pitih persegi panjang hitam. Pitih Xtras/Animate/Retease To Layers. Dalam kotak dialog, pilih Sequence dari menu Animate. Aktifkan Use Existing Layers. Klik OK.
10. Pitih File/Export. Di menu Save As, pilih Macromedia Flash. Klik Setup. Di bagian Frames, aktifkan From, isi From dan To = 1, talu isi Frame Rate = 20. Klik OK.
11. Di kotak dialog Export Document, aktifkan Open In External Application. Di kotak dialog yang muncul, cari dan pilih aplikasi Flash 5 Player. Klik Save.
12. Tutup animasi dalam Flash 5 Player. Tampilkan Freehand. Di menu Edit, pilih Undo dua kah untuk menggagatkan dua tindakan terakhir. Simpan file di folder Anda.
untuk lebih lanjut anda bisa lihat disini
data untuk menyusun animasi tersebut
ada disini nih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar