Sabtu, 15 September 2007

MemPelajari_mengenai Macromedia Freehand part 3

Design andI illustration Fundamental

Aplikosi: Macromedia Freehand

Bab: VII (Tujuh)

Topik: Menyusun Animasi

Membuat Rangkaian Pertama

1. Sebellumnya, aktifkan Racefinal.swf yang ada di folder BabO7 untuk melihat hasil akhir animasi yang tellah dibuat. Tutup file, lalu aktifkan Freehand. Buka Racestart.M di folder Lesson Files Bab07 untuk memulai latihan. Satuan ukuran yang dipakai adalah Points.

2. Pilih persegi panjang di halaman 1 lalu clone persegi panjang tersebut. Pilih hasil clone. Di panel Object Propert ies, isi H = 10.

3. Pilih kedua persegi panjang. Pitih Window/Allign. Pitih Align Top di menu pertama dan No Change di menu kedua. Klik Apply. Tekan Tab.

4. Pilih persegi panjang yang kecil, latu clone. Dengan hasil clone terpilih, isi W = 40 di Object Properties.

5. Khk persegi panjang yang terkecil, pilih Modify/Arrange/Bring To Front. Ulangi untuk persegi panjang yang tengah dan yang terbesar.

6. Pilih ketiga persegi panjang, lalu blend. Di Object Properties, isi Steps = 11.

7. Warnai persegi panjang dengan warna hitam dari Color List dan None untuk stroke.

8. Pihh teks di bagian atas. Pitih Xtras/Animate/Release To Layers. Datam kotak dialog, pilih Trail dari menu Animate. Isi Trail By = 4. Khk OK.

9. Pitih persegi panjang hitam. Pitih Xtras/Animate/Retease To Layers. Dalam kotak dialog, pilih Sequence dari menu Animate. Aktifkan Use Existing Layers. Klik OK.

10. Pitih File/Export. Di menu Save As, pilih Macromedia Flash. Klik Setup. Di bagian Frames, aktifkan From, isi From dan To = 1, talu isi Frame Rate = 20. Klik OK.

11. Di kotak dialog Export Document, aktifkan Open In External Applica­tion. Di kotak dialog yang muncul, cari dan pilih aplikasi Flash 5 Player. Klik Save.

12. Tutup animasi dalam Flash 5 Player. Tampilkan Freehand. Di menu Edit, pilih Undo dua kah untuk menggagatkan dua tindakan terakhir. Simpan file di folder Anda.


untuk lebih lanjut anda bisa lihat disini

data untuk menyusun animasi tersebut
ada disini nih


MemPelajari_mengenai Macromedia Freehand part 2

Design and illustration Fundamental

Aplikasi: Macromedia Freehand

Bab: II (Dua)

Topik: Bekerja dengan Path dan Point

Menggunakan Path dengan Freeform Tool

1. Buka Mountnl.ftg dari folder Bab02.

2. Gambar sebuah persegi panjang dari sudut kiri atas sampai ke ujung kanan bawah garis pada dokumen. Lihat Gambar 20.

3. Di kotak Tool, klik ganda Freeform Tool (lambang panah yang ujungnya ada bulatan keci[ berwarna merah). Isi Size = 50, Precision = 5, Bend = By Length, dan Length = 100.

4. Pindahkan kursor ke sisi bawah persegi panjang. Tahan mouse dan drag ke atas perlahan hingga kursor mendorong garis di sisi bawah persegi panjang ke atas. Lepaskan mouse setelah ujung kursor mencapai garis gambar gunung.

5. Ulangi langkah 4 hingga bentuk garis sisi bawah persegi panjang mengikuti path gambar gunung. Pada langkah ini Anda tidak perlu mengikuti path secara akurat.

6. Klik ganda Freeform Tool. Isi Size = 10. Perbesar tampilan bagian kiri gambar 200%.

7. Letakkan kursor di atas garis sisi bawah persegi panjang yang sudah berubah meengikuti bentuk path gambar gunung. Gunakan kombinasi Pushing dan Pulling Tool dari Freeform Tool untuk menyesuaikan garis dengan gambar.

8. Tampitkan panel Swatches. Pilih gambar yang Anda buat. Isi dengan warna 30c 6m Oy Ok. Ubah warna Path/Stroke dalam panel Swatches menjadi None. Simpan file di folder Anda.


untuk lebih jelasnya lihat disini nih.

buat kalian yang ingin latihan ini datanya nih
download


MemPelajari_mengenai Macromedia Freehand..

Design and illustration Fundamental

Aplikasi: Macromedia Freehand

Bab: I (Satu)

Topik: Dasar-dasar Freehand


Membuat Dokumen Baru

1. Aktifkan aphkasi/software Macromedia Freehand.

2. Non-aktifkan kotak di bagian bawah Welcome Wizard jika tidak ingin kotak tersebut muncul saat menjalankan Freehand di lain waktu.

3. Klik ikon New dalam Welcome Wizard atau pilih File/New.

4. Pilih menu View/Fit to Page untuk metihat keseluruhan halaman.

Mengetahui Fungsi-fungsi Menu

1. Gerakkan kursor panah hitam (pointer) ke bagian atas layar, dimana diatas ini ada toolbar utama dan tool teks/tulisan . Diamkan kursor pointer sesaat di atas satah satu ikon untuk mengetahui fungsinya. Jika di layar tidak terdapat toolbar utama dan teks, klik Window latu pilih menu Toolbars/Main atau Toolbars/Text.

2. Pindahkan kursor pointer ke kotak Tool di oagian kiri layar. Tool yang berada dalam kotak ini berfungsi untuk mengetik, menggambar dan merubah bentuk.

3. Pindahkan kotak Tool ke dalam jendela dokumen dengan men-drag tepi atas atau bawah kotak. Kotak Too[ yang berpindah akan berubah bentuk.

4. Untuk mengubah besar kotak Tool, drag kotak ukuran di sudut bawah kanan kotak Tool ke bawah. Cara ini dapat digunakan untuk mengubah semua jendela dokumen Freehand baik membesar maupun mengecil.

5. Agar dapat leluasa bekeda, pindahkan kembali kotak Tool ke bagian kiri layar.



apabila ingin lebih jelasnya dapat dilihat disini nih

download



untuk data ujicobanya bisa lihat disini

Jadwal_pertandingan_-_England Premier + League

England - Premier League
17:02 September 15

FT Everton 0 - 1 Manchester U.

FT Portsmouth 0 - 0 Liverpool

FT Tottenham H. 1 - 3 Arsenal

FT Birmingham C. 1 - 0 Bolton W.

FT Sunderland 2 - 1 Reading

FT West Ham U. 3 - 0 Middlesbrough

FT Wigan Athletic 1 - 1 Fulham

17:15 Chelsea ? - ? Blackburn R.



England - League Championship
17:02 September 15

FT Barnsley 2 - 0 Scunthorpe U.

FT Burnley 2 - 2 Blackpool

FT Colchester U. 2 - 2 Charlton Athletic

Coventry C. 0 - 3 Bristol C.

FT Hull C. 1 - 1 Stoke C.

                                     FT Leicester C. 1 - 1 Queens Park R.

FT Norwich C. 1 - 0 Crystal Palace

FT Preston North End 1 - 0 Sheffield W.

FT Sheffield U. 3 - 1 Wolverhampton W.

FT West Bromwich A. 4 - 0 Ipswich T.



Mempelajari_Corel Draw (from. digital studio) part 2

Graphic Design Fundamental

Aplikosi: CorelDraw

Bob V111 (Delapan)

Topik: Dasar-dasar CorelDraw

Status Bar

=-atus Bar memberikan keterangan tentang spa yang terjadi dalam jendela gambar. Status Bar juga memberikan informasi )tang posisi pointer dan properti dari obyek yang dipilih termasuk bentuk, ukuran dan warna dalam dan outlinenya. _,

Kotak Tool

:tak Tool mengandung toot yang digunakan untuk membuat dan mengedit obyek. Dengan meng-klik tanda panah kecil sudut kanan bawah masing-masing icon, pitihan tool yang lain akan muncuL

Zoom Toot

- -om Tool digunakan untuk membesarkan atau mengecilkan pandangan gambar. Zoom In digunakan untuk membesarkan :a ndangan gambar sehingga dapat tertihat detilnya, sedangkan Zoom Out untuk fungsi kebalikannya. Ketika Zoom Tool --Eilih, Property Bar menampilkan tombol Zoom yang lebih spesifik.

Membesarkan & Mengecilkan Pandangan

Dengan Zoom Toot

1. Aktifkan Zoom Tool, tempatkan di area yang di kehendaki.

2. Untuk membesarkan pandangan, ktik mouse kiri. Untuk mengecilkan, klik mouse kanan atau klik tombot Zoom Out di Property Bar.

Toolbar Standar

1. Dalam Toolbar Standar, klik tanda panah di kotak Zoom.

2. Pilih salah satu nilai Magnification-nya atau ketik nilai yang dikehendaki dan tekan Enter.

Hand Toot

1. Klik tanda panah di sudut kanan bawah Zoom Toot, pitih Hand Toot.

2. Untuk memindahkan gambar, tempatkan Hand Toot di jendela menggambar dan drag dengan tombot kiri mouse.

View

1. Simple Wireframe: menampilkan outline gambar dan gambar bitmap monokrom.

2. Wireframe: menampilkan gambar bitmap monokrom, extrusion, contour, dan obyek hasit blend.

3. Draft: menampilkan sebagian warna dan bitmap resolusi rendah.

4. Normal: menampilkan gambar dalam keadaan normal.

5. Enhanced: menggunakan oversompling untuk memperbesar pandangan.

Docker

1. Di menu Window, pilih Docker. Menu pilihan selanjutnya akan muncul. Pilih nama docker yang dikehendaki dari daftar.

2. Untuk mengecilkan docker, klik kiri mouse pads dua garis horisontal di bagian atas docker. Drag docker ke desktop.

3. Khk tanda panah ke atas di sudut kiri atas docker untuk membukanya kembati.

Istitah di Core[ Draw

1. Object: gambar yang dibuat.

2. Path: garis ketiting luar obyek, bisa terbuka ataupun tertutup.



apabila ingin lebih jelasnya anda bisa ambil

data tersebut dari sini





Mempelajari_Corel Draw (from. digital studio)

Graphic Design Fundamental

Aplikasi: CorelDraw

Bab VIII (Delapan)
Topik:
Dasar-dasar CorelDraw

Tampilan dalam Corel Draw

1. Title Bar: menampilkan Hama program dan dokumen.

2. Menu Bar: menampilkan menu-menu.

3. Toolbar Standar: akses cepat untuk perintah-perintah standar seperti Paste.

4. Property Bar: akses mudah ke perintah penting untuk obyek yang dipilih.

5. Rulers: tokasi dan satuan ukuran penggaris dapat diubah sesuai obyek.


Gambar 1: Tampilan area kerja CorelDraw











6. Kotak Tool: mengandung alat - alat untuk menggambar dan mengedit obyek.
7.
drawing Window dan Page Border: hanya gambar yang berada dalam Page Border yang dapat dicetak.

8. Dockers: mengandung berbagai macam docker untuk perintah yang spesifik.
9.
Guidelines: merupakan garis bantu vertikal dan horisontat.
10.
Page Flipper dan Page Tabs: untuk menambah atau memindahkan halaman ke dokumen dan memberikan akses cepat ke halaman terdekat.

11. Status Bar: menampilkan posisi kursor dan informasi detit obyek.

12. Scroll Bars: untuk memindahkan pandangan di jende[a.

13. Palet Colors: digunakan untuk proses mewarnai.

Menu

1. Klik pointer di atas judul menu untuk membukanya. Tanda panah keciL di samping item menu menandakan bahwa terdapat pilihan selanjutnya.

2. Pindahkan mouse ke bawah untuk menyorot dan klik item yang dikehendaki. Item menu dengan tanda e[ipsis (tiga bush titik) di belakangnya menandakan bahwa item tersebut akan membuka kotak dialog.

Toolbar

1. Pilih Toolbars dad menu Window. Kotak dialog akan muncu[ setelah itu.

2. Di daftar, Toolbar klik kotak di sebelah toolbar yang ingin ditampiLkan. Klik OK.

Property Bar

perty Bar terletak di bawah Standard Toolbar. MenampiLkan beberapa tombol dan pilihantergantungdafi tool atau obyek yang dipilih.